Minggu, 06 November 2011

Buku: Strategi Visual

Judul : STRATEGI VISUAL 
Penerbit : Jalasutra 
Penulis : Andry Masri
Tahun Terbit : 2010
Seni rupa, desain dan arsitektur bergelut melalui bahasa visual, yang penyelesaian proses masalahnya pun diejawantahkan secara visual. Bahkan aspek visual itu sering merupakan tujuan dari beberapa problem yang dihadapi. Khususnya di Indonesia, buku pegangan yang membahas aspek-aspek visual sangat sulit ditemukan. Buku ini terbagi dalam tiga bab besar yang masing-masing menitikberatkan permasalahan pada hal yang berbeda.
Bagian pertama Buku ini menguraikan mengenai apa yang dimaksud dengan konsep visual, kualitas visual, peran aspek visual pada desain, dan beberapa terminologi yang berkaitan dengan aspek visual. 
bagian kedua menguraikan bukti-bukti yang dapat dibaca melalui sejarah peradaban yang memperlihatkan adanya konsep-konsep visual yang ikut mempengaruhi peradaban dunia. 
Bagian ketiga buku ini menguraikan bagaiman mengimplementasikan konsep-konsep pada proses desain yang nyata. bagian inibanyak memuat contoh dalam visual, agar uraian mengenai implementasi konsep tidak terdistorsi oleh keterbatasan teks. 
Berdasarkan pengalaman penulis selama menggeluti bidang ini, yaitu seri rupa, baik sebagai pendidik ataupun profesional, banyak mengalami kesulitan mencari pegangan mengenai aspek-aspek visual, baik berupa contoh, teks, ataupun bentuk referensi lain. Sebagian besar referensi yang tersedia cenderung merupakan bahasan pada tataran filsafat yang berisi tulisan-tulisan rumit, dan ketika dipahami pun untuk membawanya pada tataran praktis tidak bisa dengan mudah diterapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar